Kamis, 19 April 2012

Hari Senin, 16 April 2012, siswa SMA akan melaksanakan Ujian Nasional atau UN 2012. Hasil ujian ini akan menentukan apakah mereka lulus atau tidak.  Entah kenapa setiap UN berlangsung, banyak siswa dan guru yang berusaha mencari bocoran soal ujian nasional. Bahkan ada juga yang mencari kunci jawaban UN 2012. Daripada mencari kunci jawaban un yang belum tentu benar itu, mendingan belajar aja deh :)
Ayo jangan mencontek saat ujian nasional (UN). Kejujuran harus diutamakan. Para siswa jangan melakukan jalan pintas demi kelulusan.
“Laksanakan persiapan UN dengan belajar, bukan dg langkah lain di luar belajar, seperti mencari bocoran, mencari contekan, dukun, dan lain-lain,” terang Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh saat berbincang, Minggu (15/4/2012).
Jujur itu baik dan harus dimulai sejak dini. Siswa yang mengikuti UN tentu mesti menjunjung tinggi kejujuran.
“Satu-satunya langkah menghadapi UN adalah belajar,” imbuh pria yang akrab disapa Niam ini.
UN bagi siswa SMA akan digelar awal pekan ini, 16 April hingga 20 April. UN adalah jembatan evaluasi pendidikan.
“Memposisikan UN secara proporsional, skaligus sebagai sarana evaluasi temasuk untuk perbaikan proses pendidikan selanjutnya. Penyikapan terhadap UN secara akademik dan proporsional untuk siswa ya belajar dan untuk guru ya mengajar secara baik dan mengawasi hasil belajarnya,” terangnya.
sumber : http://news.detik.com/read/2012/04/15/090623/1892684/10/ayo-belajar-jangan-nyontek-saat-un
Jangan pada tegang, ngadepin UN. Nyantai aja lagi..
Jakarta Mulai Senin (16/4) besok, siswa SMA akan mengikuti ujian nasional (UN). Orang tua, guru, dan semua pihak diharap berkontribusi agar UN berlangsung nyaman sehingga siswa mampu mengerjakan soal tanpa kecemasan yang berlebihan.
“Jangan buat UN ini mencekam. UN harus dibuay nyaman. Harus dihundari keadaan yang mencekam. Orang tua, guru dan semua pihak harus mampu memberikan ketenangan kepada anak,” kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, kepada detikcom, Minggu (15/4/2012).
Selain itu guru dan orang tua juga harus mampu menanamkan nilai kejujuran dengan tidak membuat bocoran soal. Doa bersama boleh saja digelar, namun harus dipastikan anak-anak tidak hanya melakukan doa bersama saat UN akan digelar saja. Jika ini yang terjadi, secara tidak langsung membuat anak-anak merasa hendak menghadapi perang.
“Jangan dibuat seperti akan menghadapi perang. UN memang harus, tapi semua harus membuat tenang dan nyaman. Mereka ini kan seperti mau bertanding, maka dibuatlah suasana pertandingan yang nyaman dan jangan mengganggu psikologi,” sambung Arist.
Untuk DKI Jakarta, sebanyak 119.943 siswa tingkat SLTA akan mengikuti pelaksanaan UN yang terdiri dari 54.779 siswa SMA dan 65.164 siswa SMK. Naskah soal UN mulai didistribusikan pada Jumat (13/4) sore dari percetakan di Kudus, Jawa Tengah. Pagi ini naskah soal sudah tiba di Jakarta.
sumber : http://news.detik.com/read/2012/04/15/183143/1892881/10/un-harus-nyaman-agar-anak-tak-takut-cemas?9922032
Jangan berharap pada bocoran soal dan kunci jawaban ujian nasional ya.. Udah dijaga ketat sama pihak terkait.. Tipe soalnya ada ada lima
Mulai 16 April mendatang, ujian nasional untuk tingkat SMA/SMK akan digelar serentak. Kemendikbud akan berupaya keras menekan kebocoran soal UN, muali dari persiapan soal hingga pencetakannya.
“Lima macam soal yang berbeda dengan taraf kesulitan yang sama. Kalau dulu nomornya diacak, sekarang berbeda. Ini memang soalnya beda, jadi tidak ada yang sama. Bukan ditukar nomornya saja, tapi soalnya berbeda,” ujar Mendikbud, M Nuh, dalam jumpa pers di Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (12/4/2012).
Dia menjelaskan percetakan soal UN juga digeser. Jika dulunya tersebar di 33 titik, maka untuk tahun ini terkonsentrasi di 4 titik. “Kualifikasi pakai security printing, kemungkinan macam-macam bisa diperkecil,” sambung Nuh.
Menurut Nuh, pada 2-3 hari sebelum ujian berlangsung biasanya para siswa mendapat informasi bocoran soal. Hingga hari ini Kemendikbud belum mendapat informasi tentang kebocoran soal. “Kunci pertama di percetakan sudah bisa pastikan aman. Sekarang masalah distribusi,” lanjut Nuh.
UN, sambungnya, merupakan evaluasi tidak hanya bagi peserta didik namun juga bagi guru. UN bagi guru menjadi uji kompetensi. “Karena hasil dari murid juga dipengaruhi semua, paling tidak ukuran kinerja guru adalah berapa nilai dari murid. Guru yang baik kalau murid yang diajar nilainya bagus. Jadi menggabungkan ini, dan juga kepala sekolah. Ini konsep besar yang harus rampung dalam waktu dua tahun ke depan,” papar Nuh.
Sistem kelulusan siswa adalah dengan pembagian hasil UN 60 persen ditambah ujian akhir sekolah (UAS) 40 persen. Jadi Nilai Akhir = 60 persen UN + 40 persen UAS.
sumber : http://news.detik.com/read/2012/04/12/205532/1891327/10/kemendikbud-tekan-kebocoran-soal-ujian-nasional?nd992203605
Gimana mau cari bocoran soal, wong dijaga sama tentara koq
Naskah soal untuk Ujian Nasional (UN) di Bali ditempatkan di komplek Perumahan Kodam IX/Udayana. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan soal agar tidak bocor.
Tercatat ada sekitar empat personel TNI AD dari Kodam IX Udayana yang menjaga naskah soal tersebut. Naskah UN ini disimpan di GOR Kesatrian Praja Raksaka Kodam IX Udayana, Kepaon di Jalan by Pass Ngurah Rai, Denpasar Selatan.
Setelah itu Sabtu (14/4) lusa naskah UN untuk tingkat SMA/SMK/MA akan didistribusikan ke masing-masing kota dan Kabupaten di Bali.
“Setelah didistribusikan, untuk di Denpasar nantinya naskah ini akan kami amankan di Polsek dan sebagian di aula Dinas Pendidikan Denpasar,” kata kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Eddy Mulya, kepada wartawan pada Kamis (12/4/2012).
Pihak kepolisian nantinya juga akan melakukan penjagaan terhadap naskah yang disimpan di Aula Disdikpora di Jl Melati Denpasar termasuk membawa kunci gedung tersebut.
sumber : http://news.detik.com/read/2012/04/12/213215/1891331/10/antisipasi-kebocoran-naskah-un-di-bali-dijaga-tentara?nd992203605
Selamat berjuang ya adik-adikku. Semoga kalian lulus. Yakinlah bahwa tanpa bocoran soal dan kunci jawaban un kalian tetap bisa mengerjakan semua soalnya

Kunci jawaban ada di sini

1 komentar:

  1. Sudah menjadi tradisi kali sob kalo UN akan berlangsung bocoran selalu ada saja. Tapi mengingat ketatnya penjagaan yang di lakukan hmm harus lebih meprioritaskan mana, kapan dan apakah tepat? untuk coba-coba ngintip bocoran tersebut. Jadi inget masa-masa SMA-SMK dulu hehe

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!