Selasa, 18 Oktober 2011


Suatu hari

Anda mendapati

Sikecil menggesek-gesekkan

Tubuhnya ke guling kesayangannya.

Wah! Jangan-jangan…….

Tahukah anda, dalam masa kanak-kanank dini, menyentuh organ genetikal dapat berarti:
§  Mencari dan menemukan anggota tubuhnya.
§  Anak merasa nyaman
§  Anak ingin ke toilet
§  Memberikan rasa nyaman saat anak sedang merasa cemas
Ditahun pertama sekolahnya anak belajar bahwa masturbasi adalah sesuatau yang dilakukan sangat pribadi (jadi jika anak melakukannya di depan umum biasanya menunjukkan adanya gangguan pada anak).
Saat anak mencapai usiapra sekolah, anda mungkiningin membicarakan masalah masturbasi. Katakan pada anak anda bahwa masturbasi menimbulkan rasa nyaman, namun hal tersebut hanya boleh dilakukan oleh diri sendiri bahkan tanpa kehadiran orang lain.
Jika anak sering masturbasi, mungkin ada suatu masalah yang sedang di fikirkannya dan hal ini sangat penting untuk diketahui dan dikenali  oleh orang tuanya dan dicari solusinya.
Anak-anak yang masih kecil mungkin belum bisa menceritakan apa yang mengganggu fikirannya tetapi orang tua harus terus menerus mencari kemungkinan penyebabnya misalnya adanya adek banyinya yang baru dilahirkan, atau karena orang tua kembali bekerja, dsb.
Mengatakan pada anak yang melakukan masturbasi dalam rangka mencari kenyamanan, biasanya malah menambah ketegangan pada anak.
Sebaiknya coba katakan:” ibu tau kamu lagi gak enak ya…., sini sama ibu. Dan anda harus menyentuh anak tersebut, menggendongnya, memeluknya,mengelusnya, mengusapnya. Kedua orang tua sangat penting melakukan hal tersebut karena merupakan hal penting bagi anak untuk merasa dicintai dikasihi dan disayangi oleh kedua orang tuanya.
Beberapa ayah tiri takut melakukan hal tersebut karena takut di tuduh melakukan pelecehan seksual.
Seyogianya orang tua mengerti perbedaan antara menyentuh, memeluk dan mengusap karena ekspresi kasih sayang atau sesuatu yang dilakukan karena untuk memenuhi hasrat seksual orang tuanya.
Hal-hal tersebut adalah tanggung jawab orang tua untuk tidak melakukannya.

Kebanyakan orang tua mengingunkan
Anaknya memiliki perilaku yang sehat mengenai seks.
Cara orang tua bersikap dan beraksi terhadap pembicaraan
Mengenai seks akan mempengaruhi cara anak berfikir,
bersikap tentang diri mereka sendiri.


Daftar pustaka: Anakku edisi Agustus 2007

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!