Sabtu, 15 Oktober 2011


LAPTOP AGAR TETAP TOP

Seperti halnya PC desktop, laptop membutuhkan lebih banyak perawatan.
Laltop  membutuhkan kehati-hatian dalam perawatan ketimbang PC desktop.terlebih jika anda sering menggunakannya di areal terbuka akanberesiko terkena debu, air atau kotoran lain. Agar laptop bisa lebih awet, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

1.      Membersihkan Keyboard.
Keyboard laptop sangat gampang kotor, entah itu dari bekas  jari tangan anda, debu rokok,  debu, dan juga remah2 roti.
Bersihkan keyboard dengan mempergunakan kuas, sapukan kesela-sela tombol keyboard untuk mengeluarkan kotoran  atau dapat juga mempergunakan vacum cleaner portabel. Lap permukaan keyboard dengan kain yang telah di berikan cairan pepbersih kaca. Ada baiknya jika anda mempergunakan keyboard protection untuk mencegah kotoran masuk kembali.

2.     Membersihkan layar.
Jangan sembarangan melap layar laptop dengan sembarangan cairan pada layar, pakailah cairan pembersih kaca yang di semprotkan ke kain lap halus atau katun, lalu poleskan pada layar laptop anda dengan lembut . Bersihkan dengan cara mengelap searah saja misalnya dari atas kebawah atau dari kiri ke kanan  sampai bersih . Jangan pernah menyemprotkan cairan secara langsung pada layar laptop karena akan mengakibatkan timbulnya belang  pada permukaan layar LCD (liquid crystal display).

3.     Hindari panas matahari
Jangan pernah meninggalkan laptop anda didalam mobil yang sedang diparkir di bawah sinar matahari, karena panas didalam mobil dapat merusak komponen-komponen pada laptop.

4.     Hindarkan goresan
Singkirkan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung pada keyboard sebelum anda menutup case  agar layar tak tergores. Apabila anda akan membawa serta laptop anda  dalam perjalanan, masukkan laptop anda pada tas/wadah khusus laptop.

5.     Case
Tangan yang kotor dapat meninggalkan bekas pada case sehingga tidak sedap di pandang. Pakai detergen non zat alkalin di campur dengan air untuk membersihkannya atau dapt juga dibersihkan dengan cairan pembersih multi guna untuk peralatan elektronik. Semprotkan pada kainlap lalu gosokkan secara lembut pada case.

6.     Hindari medan magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard drive, jangan pernah meletakkan benda yang mengandung medan magnet kuat disekitar laptop, misalnya loud speaker yang tanpa pelindung magnet  atau juga hand phone. Seandainga anda akan mengakses internet mempergunakan hand phone sebagai modem, letakkan hanphone sekitar 15 cm dari laptop.

7.     Menghubungkan laptop ke proyektor

Biasanya untuk keperluan presentasi tancapkan konektor VGA  dari proyektor ke port VGA pada laptop. Pada menu proyektor pilih sumber video VGA. Lalu tampilkan ke layar proyektor dengan menekan tombol [Fn] + [F5]. Agar aplikasi muncul pada layar proyektor tekan tombol tersebut sekali lagi. Untuk menampilkan tampilan tersebut pada layar laptop saja tekan tombol tersebut sekali lagi.

8.     Meningkatkan Performa.
Salah satu kiat meningkatkan performa laptop adalah dengan meng-upgrade komponen. Beberapa komponen yang bisa di upgrade ialah: prosesor, memori atau hard disc. Beberapa laptop masih menggunakan DDR-RAM 256 MB atau 512 MB, anda dapt mengganti atau menambah memori  tersebut agar lebih besar misalnya dengan kapasitas 1GB. Hal ini akan mengurangi beban memori firtual pada mainboard dan procesor. Naiknya kapasitas hard disc juga akan menambah ruang penyimpanan.

9.     Menjaga umur baterai
Masa pakai baterai laptop adalah tergantung bagai mana anda memakainya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan membiarkan baterai sampai benar-benar habis atau indikator menunjukkan tingkat 0 %. Jikalau tanda pengingat baterai telah muncul segera malakukan pengecasan sampai penuh atau 100% pada indikator. Dan jika laptop anda mempergunakan baterai  tiype NI-MH (Nikel Metal Hydrida), usahakan untuk mengosongkannya secara priodik misalnya beberapa minggu atau bulan sekali. Pengosongan dengan cara HYBERNASI.

10.                        Mematikan dengan benar
Jangan pernah atau membiasakan mematikan laptop pada saat lampu indikator hard disc masih berkedip-kedip. Hal ini menandakan bahwa hard disc masih bekerja/aktif. Mematikan dengan cara tiba-tiba akan mengakibatkan kerusakan data atau gangguan pada hard disc karena kehilangan daya secara tiba-tiba juga. Pastikan mematikan komputer anda dengan cara men- shutdown setelah indikator hard disc tidak berkedip lagi.

11.                        Menyimpan laptop
Jika anda akan menyimpan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, pastikan anda melepaskan baterai  laptop anda dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering serta terbungkus plastik untuk mencegah masuknya logam ke slot baterai tanpa sengaja pada saat disimpan dan jangan lupa di berikan silicon gel untuk mengurangi kelembaban..

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!